JellyPages.com

Monday, August 15, 2011

Proses Jatuh cinta kurang dari 5 detik ??


cinta memang tumbuh dari dalam hati. Tapi proses itu justru lebih banyak dikepala, khususnya di otak. pernah denger kLo ada cinta pada pandangan pertama ?? Luar Biasa banget. Hal ini disebabkan karena otak udah ngasih respon yang cepet. Menurut peneliti, love at the first sight terjadi dalam waktu 0,2 detik dengan melibatkan sebuah proses  yang sangat kompleks. katanya sih,, ada 12 spot di otak yang terlibat dalam pelepasan berbagai hormon cinta emosi. Seperti Dopamine , oksitosin , adrenalin dan vasopresi.

serunya bentuk rasa cinta akan diterima otak dengan proses yang berbeda lohhh ..... KLo cintanya gag bersyarat (Unconditional love), seperti cinta ibu kepada anaknya, maka otak tengah lah yang bekerja ...

Nah, KLo cintanya berdasarkan nafsu (passionate love), maka peran otak akan lebih kompleks. otak cendrung lebih aktif. Khususnya dibagian sistem reward yang merupakan pusat kesenangan serta bagian kognitif.

Rasa cinta juga ditandai dengan adanya kenaikkan kadar Nerve Growth Factor (NGF) dalam darah. senyawa kimia mengalami peningkatan tajam saat seseorang terpesona sama pasangannya. Fenomena ini ngebuktiin bahwa klo cinta pada pandangan pertama itu memang bukan cuma isapan jempol semata aja, tpi emang bener2 ada.

Ngak usah heran kLo seorang profesor dari Syracuse University, New York bilang klo reaksi yang terjadi di hati itu berasal dari otak. dan rasa cinta itu terbentuk dari otak, bukan dari hati. dan seorang peneliti juga pernah mempublikasikan hasil temuannya, bahwa dengan adanya reaksi otak saat jatuh cinta, maka gangguan emosi dan depresi pada orang-orang yang jarang tahu akan rasanya cinta bisa teratasi atau berkurang. yeaahhh ..... ^^.

0 Your ComeNt Here: